Kamis, 18 September 2008

buah adas atau manfaatnya

Keywords: simplisia buah Adas (Foeniculum vulgare Mill.); cara pengeringan; minyak atsiri; jenis bahan pengemas; Abstrak Penelitian Kesehatan

Subject: PLANTS, MEDICINAL

Telah dilakukan penelitian penyimpanan simplisia buah Adas (Foeniculum vulgare Mill.) hasil budidaya, dengan metode eksperimental secara faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah cara pengeringan (P), terdiri dari P1 (angin-angin), P2 (oven) dan P3 (sinar matahari langsung); sedangkan faktor kedua adalah jenis bahan pengemas (K), terdiri dari K1 (kantong kertas), K2 (kantong plastik) dan K3 (karung plastik). Penyimpanan dilakukan di dalam ruangan tertutup (gudang simplisia BPTO Tawangrnangu) berukuran 3x3 m, dilengkapi dengan lampu penerang 2x 100 watt dan alat pengukur kelembaban udara. Pengamatan dilakukan setiap 2 bulan dengan penetapan 4 parameter (kadar air, kadar minyak atsiri, angka jamur dan angka lempeng total). Adapun kurun waktu penyimpananya adalah 2, 4, 6 dan 8 bulan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan cara pengeringan dan penyimpanan yang tepat simplisia nabati yang mengandung minyak atsiri. Sedangkan alasan pemilihan sampel buah adas dalam penelitian ini karena simplisia tersebut banyak digunakan baik sebagai bahan baku obat tradisional maupun untuk keperluan lain dan terrnasuk (urutan ke-4) dalam daftar 50 besar penggunaan simplisia dalam negeri yang dilaporkan. Buah Adas (Foeniculum vulgare Mill.) mengandung minyak atsiri, asam anisat, minyak lemak dan secara empiris dinyatakan berkhasiat sebagai karminatif, obat mulas, corigen saporis, obat batuk dan sariawan.

Penyimpanan simplisia sebagai bahan baku akan berpengaruh terhadap mutu bahan serta produk olahan dari bahan tersebut. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas bahan baku (simplisia) dalam penyimpanan diantaranya wadah dan waktu simpan, temperatur, kelembaban udara serta kadar air bahan yang akan disimpan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wadah (jenis bahan pengemas) dan cara pengeringan berpengaruh nyata terhadap parameter uji kualitas simplisia tersebut. Kemasan kantong kertas relatip lebih baik untuk penyimpanan simplisia buah Adas dalam waktu kurang dari 6 bulan. Sedangkan pengeringan dalam oven pada suhu rendah (35-40 derajat) terhadap uji parameter kualitas simplisia buah Adas dalam penyimpanan

NB: jika tulisan ini masih kurang sempurna mohon kritik dan sarannya
siwiwin@gmail.com

Tidak ada komentar: